31 Jan 2016

Takut: Sistem Pertahanan Diri

Ketakutan terbesarku adalah kehilangan kamu :*

pixar.wikia.com
Rasa takut bisa disebabkan oleh banyak hal. Lingkungan, pengalaman, dan hal hal yang irasional.

Tapi takut itu bukan sifat tercela. Gue pribadi ngganggap rasa takut semacam bentuk pertahanan diri.

Gue takut kemalingan, makanya gue selalu mastiin bener bener kalo pintu kosan gue udah kekunci. Kalo gue lupa, gue selalu balik lagi ke kamar untuk mastiin, walaupun gue udah sampe parkiran kosan. kamar gue dilantai 2 btw.

Gue nggak mau berakhir kehilangan duit tiga ratus ribu didompet kayak bang Dheo yang lupa ngunci kamar kosan waktu beli rokok.

Gue belajar dari pengalaman, pengalaman bang Dheo at least. Pengalaman itu bikin gue takut. Dan itu bikin gue lebih hati hati. I'm enjoying my fear.

Tapi masyarakat kekinian tidak terlalu appreciate rasa takut.

Manusia manusia kekinian mengejek orang penakut sebagai pengecut. Para pengecut bersaing ketat dengan para jomlo untuk menjadi golongan terbawah dalam piramida pergaulan. Pertempuran tim zona degradasi.

comingsoon.net
Gue jadi inget film Inside Out. Difilm ini Sadness (sedih) disepelein, padahal tugasnya super penting, mengawali kenangan indah (Joy). Gue rasa posisi 'takut' didunia nyata mirip ama Sadness di otak Riley.

Gue rada lupa kapan gue terakhir kali dipanggil pengecut. Semasa SD gue rasa. Gue diejek pengecut karna nggak mau nyoba ngerokok ama temen temen masa kecil gue yang kaco abis.

Terpengaruh ejekan that little bastard, rasa takut kalah ama ego gue yang segede toket Miho Ichiki. And the result is the new smoker bastard. Gue emang bego.

Intinya adalah, gue nggak malu dengan rasa takut gue. Terkadang ego gue emang lebih dominan, tapi gue berusaha ngejaga pertahanan terakhir gue tetap ada. Rasa takut.
 
memes.doublie.commemes.doublie.com

No comments:

Post a Comment